Selasa, 19 Juni 2012

BENGKULU - Bandung, Kuta-nya Sumatera - Beragam Wisata Ada di Bengkulu


Oke, sekarang saya ingin bercerita mengenai pariwisata di kota Bengkulu, khususnya Pantai Panjang. Sebelum bercerita mengenai pantai Panjang ini, saya akan memberikan sedikit review mengenai Provinsi Bengkulu.


Provinsi Bengkulu terletak di Sumatera Bagian Selatan (SUMBAGSEL). Di sebelah utara berbatasan dengan Sumatera Barat, sedangkan di sebelah Selatan berbatasan dengan provinsi Lampung.



Sebelum menjadi provinsi sendiri, Bengkulu merupakan bagian dari Keresidenan di Provinsi Sumatera Selatan, baru pada tahun 1960 Bengkulu menjadi provinsi sendiri. Bengkulu memiliki banyak pantai. Bengkulu pun memiliki kawasan yang tidak kalah indah dengan kota Bandung, yaitu kota Curup. Kota ini masih asri, dingin, pemandangan yang masih alami ditambah pemandangan perkebunan sayur masyarakat yang banyak, semakin membuat kota ini sedap di pandang.


Provinsi Bengkulu memiliki banyak tempat wisata antara lain:
  1. Pantai Panjang Bengkulu
  2. Pantai Tapak Paderi
  3. Pantai Jakat
  4. Pantai Suci
  5. Pantai Duayu Sekundang
  6. Rumah Fatmawati (Istri Bung Karno)
  7. Rumah Pengasingan Bung Karno
  8. Benteng Marlborough
  9. Masjid Jamik
  10. Danau Dendam Tak Sudah (Danau alami di tengah kota)
  11. Tugu Thomas Parr
  12. Makam orang Eropa
  13. Makam Sentot Alibassyah
  14. Bunga Raflesia Arnoldi
  15. Wisata Alam Bukit Kaba
  16. Air Terjun Tabalagan
  17. Suban Air Panas
  18. Kebun Teh Kabawetan
  19. Danau Tes
  20. Danau Mas
  21. Air Kemumu
  22. Pantai di Mukomuko
  23. Arung jeram (Sungai Air Berau di Mukomuko)
  24. Pantai Manna
  25. Pantai Laguna Ujung Lancang
  26. Pantai Way Hawang
  27. Pantai Desa Sekunyit
  28. Sungai Air Padang
  29. Air Terjun Sembilan Tingkat, dan masih banyak lagi.


Di sini saya akan bercerita beberapa dari tempat wisata tersebut.


Pantai Panjang Bengkulu memiliki panjang 7 km, dikatakan sebagai pantai terpanjang untuk kawasan Asia Tenggara. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan halus berbeda dengan pasir pantai lainnya di Indonesia. Selain itu pantai ini memiliki keunikan yaitu berjejernya pohon-pohon cemara di bibir pantai. Pantai ini menjadi pilihan masyarakat baik ketika libur maupun tidak. Sore hari banyak masyarakat yang sekedar jalan-jalan dengan keluarga, bermain sepeda, bermain sepak bola, basket, futsal, berlatih motor cross, berfoto ria, bermain pasir putih, berenang,  dan mencicipi kuliner-kuliner yang ada di sepanjang perjalanan. malam hari pun suasana di pantai-pantai ini tidak kalah bagusnya.







Pantai ini bisa di akses melalui beberapa “gerbang” dan tidak terdapat tiket masuk. Di mulai dari gerbang pertama yang dapat dimasuki lewat jalan Ciliwung, jalan jenggalu, dan jalan Lempuing. Gerbang berikutnya melalui jalan Anggut yang melintasi Bengkulu Indah Mall atau jalan Raflesia, Gerbang ketiga masih melalui jalan Anggut melewati Hotel Horison. Gerbang keempat melalui jalan Nala.


Apabila Anda ke Bengkulu menggunakan pesawat terbang, saya sarankan Anda ke pantai Panjang melalui gerbang pertama. Selain gerbang terdekat, dengan melalui gerbang ini nantinya kita bisa melewati/menikmati objek wisata lainnya dengan sekali jalan.

bandara Fatmawati


Memasuki gerbang pertama ini Anda akan melihat beberapa cottage di sebelah kanan dan lapangan sepak bola di sebelah kiri Anda. Setelah melewati bundaran, Anda bisa berbelok ke kiri apabila Anda ingin melihat pantai dengan suasana yang masih sangat alami dan jalan ke kiri berbatasan langsung dengan muara. Belok ke sebelah kanan, di depan hotel Pasir Putih (yang ada patung gajah), Anda bisa berhenti sejenak untuk duduk di pondok yang ada atau sekedar untuk bermain air dan putihnya pasir pantai. Di spot ini, Anda juga bisa menikmati suasana sambil menaiki gajah yang ada. Selain itu di area ini juga disediakan delman atau dokar untuk Anda mengelilingi pantai. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dengan jejeran pohon cemara semakin membuat pantai ini menjadi tujuan utama masyarakat.







Melanjutkan perjalanan, di sebelah kanan banyak terdapat cafe dan hotel, sedangkan di sebelah kiri, terhampar pantai nan indah disertai jejeran pohon-pohon cemara. Anda bisa berhenti untuk menikmati suasana pantai.



Melanjutkan perjalanan, Anda akan melihat puluhan warung-warung penjual minuman (khususnya kelapa) sepanjang perjalanan. Anda akan melewati jembatan, di mana sebelah kanan Anda terdapat hotel Raflesia. Anda bisa beristirahat di sini atau di hotel dan cottage yang ada, seperti Nala Hotel, Bidadari Hotel, Kemuning Hotel, dan lain-lain.


Setelah melewati jembatan Anda akan melihat water boom dan Bengkulu Indah Mall. Jika anda ingin merasakan berenang dengan pemandangan pantai dari atas, water boom ini bisa menjadi pilihan. Selain itu, Anda juga bisa berbelanja sebentar ke Bengkulu Indah Mall. Di area ini merupakan gerbang kedua untuk memasuki area pantai.






Sebelum sampai gerbang berikutnya Anda akan melihat area sport center. Selain sebagai sarana olahraga, tempat ini juga menyediakan penyewaan sepeda, car, dan kereta bagi anak-anak. Kalau Anda lapar, Anda bisa berbelanja makanan di sekitar area ini, salah satunya adalah bufet Tris. Selain itu disekitar area ini, di bibir pantai, orang-orang banyak yang bermain sepak bola, bermain air dan pasir, atau jogging melalui jogging track yang telah disediakan oleh pemerintah atau berlari di pinggir pantai.



sport center




lokasi jogging track

Berlari/ jogging di bawah dan diantara rimbunnya pohon cemara, memberikan kesan yang tidak terlupakan. Anda serasa berlari di hutan cemara namun di pinggir pantai.


Melewati bufet Tris, nanti Anda akan melihat bundaran. Anda bisa terus lurus atau Anda bisa berbelok sebentar ke kanan untuk beristirahat di hotel Horison. Hotel ini menyediakan kolam renang yang berada di atas bukit dengan pemandangan langsung pantai Bengkulu yang indah.

kolam renang hotel berada di atas bukit kecil


Lurus dari bundaran, di sebelah kiri, Anda akan bertemu penjual rujak, rujak-rujak ini sangat enak, dengan bumbu yang pas. Melewati penjual rujak, Anda akan mengahadapi dua jalan, pilihlah ke kiri untuk melanjutkan perjalanan melihat pantai. Setelah Anda ke kiri, di sepanjang perjalanan, mata Anda akan melihat pantai lebih dekat, menyaksikan orang-orang bermain bola, duduk di pinggir pantai, dan berlatih motor cross. Di area ini selain bisa menikmati jagung bakar, Anda juga bisa mencoba makanan laut yang disediakan rumah makan Marola.





Beberapa saat kemudian Anda akan memasuki perkampungan nelayan. Di perkampungan ini Anda akan melihat perahu-perahu nelayan di pinggir laut. Anda pun akan ditawarkan beraneka ragam makanan laut yang digoreng seperti udang, cumi, kepiting, dan lobster. Setelah melewati perkampungan nelayan Anda akan melihat benteng Marlborough yang berada di kawasan pantai Tapak Paderi yang juga berada di kawasan kampung Cina.


Singgalah sejenak di benteng Marlborough. Sekedar untuk napak tilas sejarah, menyaksikan ruang tahanan, kantor, kumpulan meriam, tiga makam warga Inggris, dan menyaksikan keindahan pantai Tapak Paderi dari atas benteng. Di sini juga cocok untuk dijadikan tempat berfoto bersama keluarga dan teman-teman.









Benteng ini didirikan dari tahun 1713-1719. Dinamakan Marlborough mengambil nama dari pahlawan Inggris John Churchill, Duke of Marlborough I.


Selesai menikmati area benteng Marlborough Anda bisa singgah ke kolam bebek di depan benteng, dinamakan demikian karena area ini menyerupai kolam yang besar dan kita bisa bermain perahu di atasnya. Area di depan benteng juga biasa menjadi tempat nongkrong anak muda Bengkulu sambil menikmati jagung bakar. Terus melewati Tapak Paderi, Anda akan menemukan surabi, sate ceker, dan banana boat.



Setelah menikmati pantai Tapak Paderi, selanjutnya Anda memasuki pantai Jakat. Di pantai ini, terdapat area bermain outbond. Di area ini ada sungai/muara yang biasa dipakai penduduk untuk mencari limbah batu bara. Di kawasan ini Anda juga bisa melihat proses pembuatan kapal nelayan.

 Masyarakat bermain dan menikmati suasana pantai



pantai jakat


Itulah sekilas cerita mengenai pantai-pantai di kota Bengkulu dan benteng Marlborough. Setelah puas menikmati pemandangan nan asri, apabila Anda akan menginap di luar kawasan pantai. Ketika menuju penginapan di luar pantai, mintalah guide Anda untuk melewati (kalau bisa singgah) Mesjid Agung Bengkulu, Rumah Pengasingan Bung Karno, dan Rumah Ibu Fatmawati. Karena ketiga-tiganya berada dalam satu kawasan.

 Masjid Agung/ Raya kota Bengkulu

 Rumah Ibu Fatmawati (Istri Bung Karno dan penjahit bendera Indonesai)

Rumah pengasingan Bung Karno

Bagaimana? Tertarik untuk liburan di Bengkulu? Itu baru sedikit tempat wisata di Bengkulu. Belum lagi berbicara pariwisata se-provinsi Bengkulu, kerajinan tangan yang terbuat dari kulit lantung, dan makanan khas Bengkulu seperti lempuk durian, sambal tempoyak (sambal terenak di dunia, diolah dari buah durian), lalapan kabau ( bisa disambal goreng atau langsung disantap, bahkan saya belum menemukan kabau ini di tanah Jawa), kue tart, manisan terong, lemang tapai, dan gulai bagar hiu.

 Bukit Asam yang apabila dilihat dari satu sisi menyerupai singa





 Kawasan Danau Mas




 Kawasan perkebunan sayur dan buah warga


 Raflesia Arnoldi

 Makam Sentot Alibaasyah (pahlawan Islam dan nasional)







Sungai Air Berau Kab. Mukomuko

 Air terjun 9 tingkat



Kawasan Air panas Suban, selain air panas, ada air dingin, air terjun, dan batu menangis

 Danau Dendam Tak Sudah

 Danau Dendam Tak Sudah

 Dananu Dendam Tak Sudah

 Pantai Laguna

Pantai Way Hawang

 Lalapan Kabau

 Kabau digoreng sambal + ikan teri + petai


Lempuk Durian 

 Sambal Tempoyak

Sambal kuah tempoyak udang
Sambal Tempoyak




Yuk, kenali tempat-tempat wisata di Nusantara! Diantaranya, ya di Bengkulu ini. J



n.b : Gambar diperoleh dari berbagai sumber (diantaranya dari page Bengkulu Heritage)

4 komentar:

  1. Foto-foto terakhir bikin gagal diet

    BalasHapus
  2. mauuu kesanaaa,, mau jalan-jalan .. kenapa gak skalian di cantumin biaya akomodasi di sana bang ? kan biar lebih detail infonya bagi orang-orang yang mau kesana.

    BalasHapus
  3. Isnaini, ok ok, ntr diinfokan lah ya

    BalasHapus