Minggu, 17 Juni 2012

Minum SUSU, Halal, Sehat, dan insya Allah Berpahala




Sewaktu saya masih duduk di bangku sekolah dasar (SD). Keluarga saya masih kekurangan kalau dilihat dari sudut ekonomi. Lauk-pauk yang sangat akrab di lidah saya dan keluarga waktu itu adalah rebusan sayur singkong, gulai bunga pepaya, dan tahu, tempe, terong bulat yang disambal. Tentu masih ada ayam, ikan, dan daging walau jarang.


Waktu itu (saya kurang ingat kelas berapa tepatnya) antara kelas tiga atau empat SD. Ibu saya tidak pernh lupa membuatkan saya dan adik-adik segelas susu kental manis Frisian Flag. Ibulah yang terus menerus menyuruh saya minum susu (maklum masih kecil, suka lupa, taunya main).Bahkan anak saya masih minum susu keluaran Frisian Flag namun yang bubuk.

frisianflag.com


Terkadang sewaktu SD saya suka sekali main ke tempat teman saya, Ari Arbaksyah namanya. Tidak jarang saya diajak makan siang bareng keluarganya. Dan menunya 4 sehat 5 sempurna. Ada daging, ayam, ikan, tahu, tempe, sayur, dan susu. Kalau buah-buahan saya lupa, apa ada di meja makan atau di lemari pendingin. Melihat perhatian keluarga ini terhadap kesehatan, motivasi saya untuk minum susu semakin memuncak.
Itulah sekilas cerita masa kecil antara saya dan susu.



Berbicara mengenai minuman yang menyehatkan ini. Susu diidentikan dengan susu sapi. Pokoknya susu selain ASI asalnya dari sapi. Padahal masih ada sumber susu selain sapi, yaitu kambing atau domba. Bahkan kandungan yang ada di susu kambing ini lebih banyak daripada yang terdapat di sapi.


Susu sangat penting bagi pertumbuhan anak dan kesehatan. Namun, masih banyak masyarakat, khususnya berbicara Indonesia. Masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak bisa minum susu. Ok, masih banyak anak-anak Indonesia yang tidak bisa minum susu, karena keterbatasan ekonomi keluarga. Ntah itu karena harga susu yang masih mahal atau ekonomi negara ini yang masih tertinggal.


Terlintas dibenak saya solusi yang insya Allah bisa mengatasi permasalahan sulitnya masyarakat mengkonsumsi susu.


Bagaimana pemerintah bersama-sama orang-orang yang berkecukupan (katakanlah memiliki pendapatan per bulan Rp. 20 juta) disuatu daerah untuk membeli empat pasang kambing jantan dan betina untuk masing-masing sekolah dasar. Di mana kambing ini akan diberdayakan oleh penjaga sekolah, untuk dipelihara dan dikembangbiakan. Sedangkan susunya diberikan kepada murid secara bergiliran per kelas. Hasil pengembangbiakan sebagian dijual dimana hasilnya dibagi dua antara penjaga sekolah dan sekolah, sebagian lagi untuk menjadi sumber susu bagi murid-murid. Selain itu, murid-murid juga bisa belajar tentang kambing atau ketika murid-murid suatu kelas mendapat giliran untuk minum susu, mereka diajarkan untuk memerah sendiri, sebagai bagian dari pembelajaran tanggungjawab. Atau tidak usah dikasih ke sekolah tapi diberikan kepada keluarga yang kurang mampu (satu pasang ekor kambing) dengan perjanjian bahwa orang tua tersebut harus memastikan keluarganya meminum susu kambing hasil pemeliharan selain menjual dagingnya.


Atau dana tersebut tidak mesti diminta langsung kepada orang-orang yang berkecukupan, tapi diambil dari pos zakat daerah dan dana khusus dari pemerintah.


Bisa juga pemerintah membangun koperasi di setiap kelurahan/ kabupaten yang secara khusus menerima dan menjual susu kambing yang telah dibantu pemerintah tadi. Sehingga, susu tersebut dapat di konsumsi masyarakat luas dan harganya murah. Tentu, agar anak-anak dan orang tua suka kemasannya harus inovatif ibudanbalita.com

Sebagai muslim kita dianjurkan untuk mengikuti ucapan dan perilaku Nabi Muhammad SAW baik dalam ibadah, hubungan dengan manusia, bahkan sampai urusan makan minum. Salah satu kebiasaan Nabi Muhammad SAW adalah rajin meminum susu kambing segar yang langsung diperah. Dengan menganjurkan/ memberi jalan bagi masyarakat untuk mencontoh Rosul SAW. Susu kambing insya Allah halal apabila tidak dicampur dengan sesuatu yang diharamkan. halalmui.org




Bagaimana? Susu kambing selain lebih sehat, insya Allah berpahala.


Yuk, mulai sekarang rajin minum susu lebih khusus susu kambing, biar sehat!


Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak!


1 komentar: